Seri Dinosaurus dan Hewan Purba – Mengenal Eoraptor

Eoraptor adalah salah satu hewan purba yang menjadi nenek moyang dari dinosaurus. Memiliki tubuh yang kecil, hanya kurang lebih sebesar musang, bentuk tubuh dari Eoraptor akan menjadi model dari dinosaurus pada masa yang lebih muda, seperti Tyrannosaurus. Eoraptor hidup pada zaman Triassic (Trias) dan era Mezosoikum, sekitar 230 juta tahun yang lalu.

Tentang Eoraptor

Eoraptor termasuk dalam kategori dinosaurus bipedal, artinya Eoraptor bergerak hanya menggunakan dua kaki, dalam hal ini, hanya dua kaki belakangnya saja yang aktif untuk melakukan gerakan berpindah tempat. Padahal dari struktur tubuhnya, Eoraptor memiliki empat buah kaki. Dua kaki depannya biasanya digunakan untuk memegang mangsanya. Kaki belakang Eoraptor sangat kuat sehingga mampu membuatnya berlari cepat untuk menangkap buruannya.

Ekor Eoraptor yang cukup panjang sangat berguna untuk keseimbangan sewaktu berlari dengan menggunakan dua kaki belakangnya. Walau demikian, ukuran Eoraptor yang relatif kecil juga membuatnya menjadi mangsa bagi hewan purba lain yang jauh lebih besar. Sehingga kemampuan berlari cepatnya juga digunakan sebagai sarana menghindari kejaran pemangsa.


Gambar ilustrasi Eoraptor (sumber: pinterest.com)

Para ahli sempat memperdebatkan jenis makanan dari Eoraptor ini. Karena bentuk gigi Eoraptor yang sebagian besar berbentuk lengkung dan memiliki ujung yang tajam. sehingga mirip dari model dinosaurus pemakan daging (karnivora). Tetapi uniknya, gigi Eoraptor bagian depan Eoraptor berbentuk melebar, yaitu sebagai ciri pokok dari hewan purba pemakan tumbuhan (herbivora). Walaupun pada akhirnya Eoraptor dikelompokkan sebagai dinosaurus pemakan daging (karnivora), tetapi banyak juga para ahli yang menyebutkan Eoraptor sebagai hewan pemakan segala (omnivora).


Gambar ilustrasi ukuran Eoraptor

Sempat disebut sebagai dinosaurus tertua yang ditemukan, Eoraptor akhirnya gagal menyandang predikat dinosaurus tertua yang ditemukan oleh manusia, karena para ahli telah menemukan fosil Prosauropods yang diperkirakan hidup pada 230 juta tahun yang lalu.

Data dinosaurus Eoraptor:

  • Jaman hidup: 231 – 228 juta tahun yang lalu
  • Tempat hidup : wilayah dataran rendah serta pesisir
  • Panjang tubuh : 1 meter
  • Berat tubuh : 10 kg (dewasa)
  • Cara berkembang biak: bertelur
  • Jenis makanan : karnivora (pemakan hewan reptil kecil)

Info menarik lainnya...